Penyebab Demam Typhoid Tidak Kunjung Sembuh

Penyebab Demam Typhoid Tidak Kunjung Sembuh
Penyebab Demam Typhoid Tidak Kunjung Sembuh - Ada banyak sekali macam demam yang sering terjadi. Salah satunya adalah demam Typhoid. Demam ini sering juga disebut tipoid atau tifus. Tifus ini adalah sebuah penyakit infeksi akut usus halus. Tifus disebabkan oleh sejenis bakteri yaitu Salmonella typhi. Penyakit ini dapat menyerang semua usia, namun yang paling sering terjadi adalah pada anak-anak.

Demam ini terjadi pada kondisi tubuh yang tidak fit. Kondisi yang demikian membuat daya tahan tubuh menurun mudah terserang penyakit ini. Bakteri Salmonella typhi yang menyerang tadi masuk ke tubuh manusia melalui makanan dan air yang tercemar. Maka tak heran jika anak-anak yang sering jajan sembarangan retan terserang penyakit ini.  Sebagian kuman yang masuk dihancurkan oleh asam lambung dan sebagian lagi masuk ke usus halus hingga mencapai jaringan limpa, plak peyeri, hati, dan berbagai bagian lainnya. Kemudian di organ tersebutbakteri berkembang dan mengeluarkan toksin (racun) sehingga peradangan yang mengakibatkan demam.

Sebelum membahas mengenai Penyebab Demam Typhoid Tidak Kunjung Sembuh, ada baiknya anda mengetahui berbagai gejala yang terjadi ketika terserang penyakit ini. Sebenarnya gejala demam thypoid ini cukup beragam, mulai dari demam, nyeri kepala, pusing, nyeri otot, muntah, mual, batuk, diare, serta perasaan tidak enak diperut yang disertai kejang. Lebih lanjut, gejala lainnya yang akan timbul adalah panas badan menjadi tinggi, lidah kotor di tengah, tepi ujung merah dan tremor, gangguan kesadaran, mengigau, sampai koma, detak jantung melemah, kondisi psikis bingung.

Dan berikut ini adalah beberapa gejala yang timbul ketika terkena typhoid :
  1. Yang pertama adalah demam yang terjadi lebih dari seminggu. Biasanya terlihat segar pada siang hari namun  menjelang petang atau malam akan terjadi demam.
  2. Terjadi mual yang terasa berat sampai menyebabkan muntah. Di dalam hati dan limpa bakteri salmonella typhi yang menjadi Penyebab Demam Typhoid Tidak Kunjung Sembuh akan berkembangbiak. Akibatnya adalah timbulnya rasa mual karena terjadi pembengkakan dan akhirnya akan menekan lambung. Akibat dari mual yang berlebihan sehingga menyebabkan makanan yang masuk tidak akan sempurna bisa masuk dan biasanya akan keluar lagi lewat mulut.
    Penyebab Demam Typhoid Tidak Kunjung Sembuh
  3. Gejala lainnya adalah lidah kotor. Pada bagian pinggirnya berwarna merah dan bagian tengahnya berwarna putih. Lidah biasanya akan terasa pahit dan cenderung akan lebih senang makan yang pedas atau asam.
  4. Mencret atau Diare. Diare terjadi karena gangguan penyerapan cairan yang disebabkan sifat bakteri yang menyerang saluran cerna.
  5. Berikutnya adalah penderita akan tak sadarkan diri atau pingsan. Dengan berbaring tanpa banyak pergerakan biasanya penderita akan lebih merasa nyaman, tetapi akan terjadi gangguan kesadaran apabila mengalami kondisi yang parah.
  6. Pusing, lemas dan sakit perut. Lemas dan pusing disebabkan demam yang tinggi. Sakit perut sendiri disebabkan adanya pembengkakan hati dan limpa yang disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi tadi.
 Akibat dari penyakit ini apabila tidak ditangani dengan baik adalah komplikasi pembuluh darah jantung, anemia, radang paru-paru, radang hati, ginjal dan tulang. Selain itu jika lebih parah dapat menyebabkan kematian pada penderitanya. Hal ini dikarenakan adanya gagal jantung, septicemia, gagal ginjang atau pneumonia. Oleh karena itulah sebenarnya penyakit ini tidak boleh disepelekan.

Penyebab Demam Typhoid Tidak Kunjung Sembuh adalah tidak tepatnya atau terlambatnya penyakit ini untuk ditangani. Jika sudah merasakan berbagai tanda atau gejala yang sudah disebutkan diatas, maka anda tentunya harus segera melakukan pengobatan. Untuk pertolongan atau pengobatan pertama, anda bisa meminum paracetamol untuk mengurangi gejala yang timbul seperti demam dan rasa pusing.

Penyebab Demam Typhoid Tidak Kunjung Sembuh
Selain itu anda juga harus istirahat total setidaknya selama 3 hari atau hingga panas turun. Jika penyakit ini timbul pada anak-anak, maka obat yang bisa diberikan adalah kloramfenikol selama 10 hari. Akan lebih baik jika anda berkonsultasi dengan dokter untuk menentukan obat apa yang baik dan cocok guna mengatasi demam typhoid.

Selain itu untuk mengobati Penyebab Demam Typhoid Tidak Kunjung Sembuh adalah dengan melakukan pengobatan sendiri dirumah yaitu :
  1.  Istirahat yang cukup. Usahakan pula anda tidak banyak bergerak. Jaga pula kebersihan tempat tidur, pakaian, serta peralatan yang akan dipakai.
  2. Berikutnya perhatikan makanan yang akan anda makan. Akan lebih baik jika anda memakan makanan yang lembut seperti bubur dan mengandung vitamin, protein, dan karbohidrat yang seimbang.
  3. Hindari makanan yang terlalu keras, pedas, dan asam. Hindari juga minuman yang dingin.
  4. Kemudian gunakan herbal typus (Plashitaba).
Demikianlah ulasan kami mengenai Penyebab Demam Typhoid Tidak Kunjung Sembuh. Semoga bermanfaat dan semoga lekas sembuh.

Berlangganan untuk email update gratis: