Penyebab Demam Pada Hamil Muda

Penyebab Demam Pada Hamil Muda
Penyebab Demam Pada Hamil Muda - Demam terkadang membuat orang khawatir karena suhu tubuh pastinya menjadi lebih tinggi dari biasanya. Hal ini semakin mengkhawatirkan ketika anda dalam keadaan hamil terutama hamil muda. Terlebih lagi jika kehamilan tersebut merupakan kehamilan pertama yang tentu belum ada pengalaman sama sekali. Kekhawatiran ini bertambah ketika demam tersebut tidak bisa diatasi secara sembarangan. Anda tidak boleh asal meminum obat karena bisa saja membahayakan janin yang sedang dikandung.

Demam disaat hamil dapat disebabkan oleh berbagai hal. Gejala demam sendiri dapat berlangsung selama beberapa jam bahkan beberapa hari. Selain suhu tubuh meningkat, gejala lain yang timbul adalah nyeri otot, kurang nafsu makan, mudah lelah, sakit kepala, lebih cepat marah, menggigil, dehidrasi, mudah berkeringan, dan gejala lainnya.

Selain peningkatan hormon progesteron yang menjadi salah satu Penyebab Demam Pada Hamil Muda, ada beberapa penyebab lainnya yang perlu anda ketahui. Berikut ulasan lengkapnya.

1. Infeksi Saluran Kemih (ISK)

Penyebab Demam Pada Hamil Muda yang pertama adalah terjadinya Infeksi Saluran Kemih (ISK). Infeksi ini adalah infeksi bakteri yang paling sering dijumpai selama kehamilan. Penyebabnya yaitu perubahan hormonal semasa kehamilan dan perubahan fungsi ginjal membuat ISK sangat mudah terjadi. Dan akibat infeksi ini akan berkepanjangan pada ibu, salah satunya adalah kuman tetap ada sampai beberapa lama setelah persalinan. Selain itu resiko persalinan prematur menyertai kehamilan dengan Infeksi Saluran Kemih ini. Pada umumnya gejala infeksi ini adalah nyeri saat buang air kecil, terdesak buang air kecil, susah buang air kecil, dan sering buang air kecil pada malam hari. Namun tidak sedikit pula keadaan dimana seseorang yang terjangkit infeksi ini namun tidak menunjukkan gejala apapun.

2. Kekurangan Asam Folat

Penyebab Demam Pada Hamil Muda
Kekurangan asam folat juga menjadi salah satu Penyebab Demam Pada Hamil Muda. Keadaan seperti ini seharusnya segera diatasi, sebab jika tidak maka akan membahayakan janin yang sedang dikandung. Salah satunya adalah kejadian anensefalus atau tulang tengkorak yang tidak menutup sempurna. Anda dapat mencukupi kebutuhan asam folat selama kehamilan dengan mengkonsumsi susu ibu hamil yang mengandung banyak asam folat, suplemen asam folat, jeruk, pisang, alpukat, brokoli, asparagus, selada, kubis, sawi, dan bayam. Hindari pula diri anda dari paparan asap rokok.

3. Infeksi Virus

Penyebab Demam Pada Hamil Muda adalah infeksi virus dan bakteri. Hal ini merupakan kejadian yang paling sering terjadi selama kehamilan berlangsung. Infeksi oleh virus TORCH (Toxoplasma, Rubella, Cytomegalovirus, dan Herpes) dapat menyebakan kelainan otak, jantung, penglihatan, pendengaran, dan kelainan struktur tubuh.

4. Perubahan sirkulasi pada pembuluh darah

Penyebab Demam Pada Hamil Muda
Perubahan sirkulasi pada pembuluh darah merupakan salah satu Penyebab Demam Pada Hamil Muda. Hal ini dikarenakan pembuluh darah di tubuh wanita hamil membesar dan tekanan dara mengalami penurunan. Inilah penyebab mengapa wanita hamil sering merasa pusing. Rendahnya gula darah juga dapat menyebabkan rasa pusing dan sempoyongan.

Itulah beberapa Penyebab Demam Pada Hamil Muda. Sebenarnya demam pada wanita yang hamil muda merupakan hal yang wajar. Karena perubahan suhu serta tubuh yang lebih cepat lelah akan membuat kondisi tubuh melemah. Anda juga tidak perlu terlalu mengkhawatirkan keadaan ini. Jika ingin penanganan yang tepat akan lebih baik jika anda menghubungi dokter.

Berlangganan untuk email update gratis: