Penyebab Demam Naik Turun Malam Hari

Penyebab Demam Naik Turun Malam Hari
Penyebab Demam Naik Turun Malam Hari - Demam adalah kondisi dimana suhu tubuh akan menjadi lebih tinggi dari pada biasanya. Biasanya demam yang bukan menjadi cikal bakal atau gejala sebuah penyakit lain, tidak disertai dengan berbagai tanda lainnya. Karena bgelum tentu demam sendiri merupakan sebuah kondisi dimana sistem imun anda sedang melemah. Namun bisa jadi saat itu justru tubuh anda sedang berperang melawan sebuah penyakit yang menyebabkan suhu tubuh anda menjadi lebih tinggi.

Akan tetapi bila kondisi demam tidak kunjung turun dalam beberapa hari bahkan naik turun atau malah lebih tinggi lagi, maka hal tersebut perlu anda waspadai. Dan tentu saja hal ini menandakan bahwa anda memerlukan penanganan lebih lanjut. Namun anda juga perlu mengetahui Penyebab Demam Naik Turun Malam Hari. Berikut ini adalah ulasan lengkap kami.

Sebenarnya ada beberapa kondisi yang umum menjadi Penyebab Demam Naik Turun Malam Hari. Di bawah ini beberapa kondisi yang umum menyebabkan timbulnya demam tanpa tanda lokal seperti batuk pilek, dahak, nyeri saat menelan, sesak, nyeri perut, kemerahan / luka pada kulit, nyeri buang air kecil, nyeri telinga dan juga tanpa ruam.

Penyebab Demam Naik Turun Malam Hari

1. Demam Tifoid atau Tifus

Penyebab Demam Naik Turun Malam Hari yang pertama adalah kemungkinan anda terkenal tifus. Karena demam ini disertai pula dengan demam naik turun dan hal ini sering terjadi di malam hari, mual, muntah, serta diare. Selain itu, demam ini juga biasanya akan disertai dengan tanda lidah yang kotor dan tubuh tampak lemah.

2. Infeksi Saluran Kemih (ISK)

Infeksi ini pada beberapa kasus bisa jadi tidak disertai keluhan saat buang air kecil terutama pada anak-anak.

3. Demam Berdarah dan Malaria

Penyebab Demam Naik Turun Malam Hari yang selanjutnya adalah terjangkitnya demam berdarah. Demam ini biasanya menimbulkan demam tinggi mendadak selama 2-7 hari, kontinu, dan biasa turun pada hari ke 4-5, sakit kepala dan nyeri sendi, nyeri ulu hati, mual muntah,tanda pendarahan serperti bintik merah di kulit yang tidak hilang, mimisan, BAB hitam seperti petis, dan gusi berdarah. Atau juga karena terjangkit malaria.

4. Keganasan dan Gangguan Metabolik seperti  hipertiroid
5. Demam yang berhubungan dengan HIV

Penyebab Demam Naik Turun Malam Hari

Setelah mengetahui beberapa Penyebab Demam Naik Turun Malam Hari, maka pertolongan pertama yang dapat anda lakukan adalah dengan melakukan beberapa hal dibawah ini :

1. Istirahat cukup dan makan makana bergizi
2. Banyak minum air putih untuk menjaga hidrasi dan mencegah dehidrasi
3. Apabila terjadi mual, makanlah dalam porsi kecil tapi usahakan lebih sering
4. Kompreslah tubuh dengan air hangat
5. Anda dapat menggunakan parasetamol untuk membantu menurunkan demam. Ibuprofen dan aspirin dapat digunakan tetapi tidak boleh pada demam berdarah. Aspirin juga tidak diperbolehkan untuk dipakai pada anak karena dapat menyebabkan sindroma reye.

Demikianlah ulasan kami mengenai Penyebab Demam Naik Turun Malam Hari. Semoga bermanfaat dan semoga lekas sembuh.

Berlangganan untuk email update gratis: