Apa Penyebab Demam

Apa Penyebab Demam
Apa Penyebab Demam - Demam merupakan sebuah kondisis tubuh dimana suhunya lebih dari 38 derajat celcius. Demam sendiri pada umumnya bukan sebuah penyakit serius yang sangat mengkhawatirkan. Namun meskipun demikian, hendaknya jangan menyepelekan demam ini. Karena siapa yang bisa menjamin jika demam ini pada akhirnya tidak membahayakan. Sebab bisa jadi demam menjadi cikal bakal atau pertanda penyakit yang lebih serius.

Demam ini juga merupakan sebuah proses kekebalan tubuh yang sedang berperang melawan infeksi akibat serangan virus, bakteri, ataupun parasit. Demam bisa juga sebagai akibat dari penggunaan obat-obatan tertentu termasuk juga antibiotik. Hal semacam ini bisa dikatakan sebagai demam obat atau dikenal juga dengan sebutan drug fever.

Di bawah ini adalah beberapa penjelasan yang menjabarkan Apa Penyebab Demam. Mari simak ulasan lengkapnya.

1. Terjadi infeksi seperti infeksi saluran kemih (sering buang air kecil atau buang air kecil disertai rasa pedih), infeksi streptokokus pada tenggorokan (sering kali disertai dengan radang tenggorokan), infeksi sinus (rasa sakit di atas atau di bawah kedua mata), dan abses gigi (bengkak di bagian mulut).
2. Tertular suatu penyakit saat Anda berada di luar negeri.
3. Apa Penyebab Demam yang berikutnya adalah karena infeksi mononucleosis yang disertai rasa lelah.
4. Kelelahan karena kepanasan atau terbakar sinar matahari hebat.
5. Karena sebab lainnya yang mungkin saja menjadi gejala awal penyakit lain.

Nah jika anda sudah mengalami demam, sebaiknya lakukan pertolongan pertama dengan meminum obat penurun panas seperti paracetamol dan sebagainya. Jika demam anda belum juga berkurang maka akan lebih baik jika anda mencari tahu Apa Penyebab Demam yang anda alami. Jika anda sudah mengetahuinya maka akan lebih mudah untuk mengatasi demam tersebut.

Apa Penyebab Demam
Jika belum memeriksakan diri ke dokter, maka anda bisa melakukan beberapa hal dibawah ini sebagai langkah awal penanganan demam. Berikut penjelasannya.

1. Gunakan pakaian yang tipis walaupun mungkin anda akan sedikit kedinginan. Pakaian yang tebal ditambah lagi dengan selimut justru akan menaikkan suhu tubuh anda. Dan perlu juga diingat bahwa suhu tubuh 39 derajat celcius atau lebih dapat memicu kejang-kejang pada anak.

2. Pastikan tubuh tidak kekurangan asupan air. Sebaiknya minum banyak air putih, sari buah, susu, atau sup bening. Minuman dingin akan membantu menurunkan suhu tubuh anda. Cara mudah untuk mengetahui apakah sudah cukup minum atau tidak adalah dengan melihat urin berwarna terang ataukah kuning tua. Kalau berwarna terang, pertanda sudah cukup minum. Hal ini juga dapat menghindarkan anda dari dehidrasi.

3. Kompres tubuh dengan air hangat. Dengan mengompres kepala dan tubuh anda maka akan menurunkan suhu tubuh anda yang tinggi. Gunakan kain basah untuk melakukannya. Apa Penyebab Demam bisa diatasi dengan cara ini.

4. Periksa suhu tubuh anda setiap empat jam sekali. Tipsnya Jangan makan atau minum selama setengah jam sebelum suhu tubuh diukur karena hasilnya tidak tepat. Cara terbaik mengukur suhu tubuh adalah dengan menggunakan termometer yang dapat dibeli di apotek.

Apa Penyebab Demam

Selain mengetahui Apa Penyebab Demam, gejala yang ditimbulkan ketika demam juga harus anda ketahui agar anda dapat segera mengambil tindakan untuk mengatasinya. Inilah beberapa gejala demam :
  • Sakit kepala
  • Batuk-batuk
  • Berkeringat dingin
  • Menggigil
  • Dehidrasi
  • Diare dan muntah-muntah
  • Sakit tenggorokan
  • Sakit pada telinga
  • Merasa kelelahan
  • Suhu tubuh meningkat
  • Sakit otot
  • Kehilangan selera makan
Itulah ulasan kami mengenai Apa Penyebab Demam yang bisa kami sampaikan kepada anda. Perlu diingat apabila gejala yang ditimbulkan semakin parah, maka hendaknya segera lakukan pemeriksaan ke dokter untuk penanganan lebih lanjut. Semoga bermanfaat dan dapat membantu anda.

Berlangganan untuk email update gratis: