Apa Penyebab Demam Naik Turun

Apa Penyebab Demam Naik Turun
Apa Penyebab Demam Naik Turun - Demam adalah suatu kondisi tubuh dimana keadaannya memiliki suhu di atas suhu normal dan seperti biasanya. Suhu tubuh dapat dikatakan normal apabila berada di angka 36,5 derajat celcius hingga 37,5 derajat celcius. Dan suhu tubuh normal ini dapat berubah tiap harinya. Oleh karena itu kodisi tubuh dapat dikategorikan demam jika sudah lebih dari 37,5 derajat celcius. Tak hanya ditandai dengan panas tubuh yang menjadi lebih tinggi, demam juga biasanya disertai dengan tanda-tanda yang lainnya.

Namun anda perlu mengkaji lebih luas apa penyebab demam yang anda alami. Karena bisa jadi demam ini merupakan petunjuk bahwa tubuh anda tengah berjuang melawan infeksi dan bakteri yang ada di tubuh anda. Karena pada umumnya penyebab demam ini disebabkan oleh adanya bakteri yang bersarang pada tubuh.

Perlu anda ketahui bahwa bisa jadi Apa Penyebab Demam Naik Turun merupakan cikal bakal penyakit lainnya seperti yang ada di bawah ini.

  • Batuk
  • Pilek
  • Sakit ketika menelan
  • Batuk dengan dahak
  • Sesak di bagian tertentu
  • Nyeri pada perut
  • Nyeri pada telinga
  • Adanya ruam atau kemerahan pada kulit
Apa Penyebab Demam Naik Turun
 Kondisi yang seperti ini dapat dikatakan merupakan demam yang terjadi karena faktor bawaan. Dan biasanya jika demam terjadi karena faktor ini maka saat kondisi bawaan mulai sembuh, maka demam juga akan mulai turun dan ikut sembuh. Akan tetapi jika demam tak kunjung turun atau masih pada kondisi naik turun, maka akan lebih baik jika anda melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Untuk dapat memastikan Apa Penyebab Demam Naik Turun yang sebenarnya, anda perlu melakukan pengecekan terhadap gejala yang anda alami. Misalnya demam yang disertai dengan gejala seperti tidak nafsu makan, mual, muntah, sakit perut, dan demam tinggi di malam hari, bisa jadi anda mengalami gangguan karena infesi kuman tifoid. Nah kondisi yang seperti ini menunjukkan bahwa anda terkena sakit tifus.

Apa Penyebab Demam Naik Turun yang juga menunjukkan penyakit lain adalah jika ditandai dengan gejala seperti demam tinggi mendadak 2-7 hari, demam turun pada hari ke 4-5, dakit kepala dan nyeri sendi, mual muntah, nyeri ulu hati, bintik merah pada kulit, mimisan, gusi berdarah, BAB hitam, dan beberapa tanda lainnya. Hal semacam ini dapat menggambarkan bahwa anda terjangkit penyakit demam berdarah.

Demam yang naik turun dapat dikategorikan sebagai demam yang cukup berbahaya. Maka dari itu tes darah dan laboratorium sangat disarankan agar dapat mencegah penyakit berbahaya lebih berkembang.  Hal ini juga dapat dilakukan agar penyakit tersebut dapat secepatnya mendapatkan penanganan dari dokter.

Selain mengetahui Apa Penyebab Demam Naik Turun, anda juga perlu mengetahu bagaimana memberikan penanganan atau pertolongan pertama pada demam ini. Anda perlu makan makanan yang cukup meskipun anda tidak nafsu makan dan walaupun dalam porsi yang kecil, perbanyak minum air putih agar tidak terjadi dehidrasi, kompres kepala dengan air hangat untuk merelaksasikan oto-otot yang ada disekitar mata anda, dan konsumsi obat penurun panas seperti paracetamol.

Itulah ulasan kami mengenai Apa Penyebab Demam Naik Turun. Semoga bermanfaat.

Berlangganan untuk email update gratis: