Apa Penyebab Demam Berdarah

Apa Penyebab Demam Berdarah
Apa Penyebab Demam Berdarah - Demam berdarah dapat dikatakan sebagai salah satu penyakit yang berbahaya. Hal ini dikarenakan akibat paling fatal yang akan ditimbulkan adalah terjadinya kematian. Tentu saja akibat ini akan terjadi jika seseorang sudah terjangkit virus ini dalam kategori yang parah. Namun jika ditangani dengan cepat dan serius, hal yang tidak diinginkan seperti itu tentu saja dapat dihindari.

Penyakit Demam Berdarah sendiri dibawa dan disebarkan oleh nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus. Berbeda dari nyamuk-nyamuk yang pada umumnya mencari makan pada malam hari, nyamuk ini beraktivitas di pagi sampai sore hari menjelang petang. Oleh karenanya anda perlu berhati-hati pada waktu ini.

Namun nyamuk ini hanya sebagai perantara saja, sebab Apa Penyebab Demam Berdarah ini sebenarnya adalah virus dengue yang ditularkan kepada manusia oleh nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus tersebut. Virus inilah yang pada akhirnya menyerang tubuh dan menimbulkan beberapa gejala yang disebut gejala demam berdarah.

Sebelum membahas lebih lanjut, anda perlu mengetahui bahwa faktor lingkungan ikut menjadi faktor Apa Penyebab Demam Berdarah tersebut. Hal ini sangat berkaitan karena jentik-jentik nyamuk tersebut sering kali ditemukan pada air selokan yang tidak mengalir, waduk, kolam, genangan air yang tidak ditutup, kamar mandi, dan lainnya sebagainya. Itu artinya nyamuk ini memilih genangan air yang tenang untuk berkembang biak. Oleh karena itu, lingkungan yang kotor akan membuat nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus dengan mudah berkembang biak.

Virus dengue ini sendiri dapat dibagi menjadi empat tipe atau strain, yaitu DEN 1, DEN 2, DEN 3, dan DEN 4. Jika anda didiagnosa terjangkit salah satu tipe virus dengue ini untuk pertama kalinya dan berhasil pulih, maka tubuh akan membentuk kekebalan seumur hidup terhadap tipe virus tersebut. Akan tetapi perlu diketahui bahwa anda belum sepenuhnya aman dari demam dengue. Hal ini dikarenakan kemungkinan anda masih berpotensi menderita penyakit ini kembali namun dengan tipe virus yang berbeda.

Setelah mengetahui bahwa Apa Penyebab Demam Berdarah adalah gigitan nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus yang membawa virus dengue, maka hendaknya anda melakukan beberapa upaya pencegahan agar tak terjangkit virus ini. Berikut ini adalah beberapa metode untuk mencegah terjangkit demam berdarah.

1. Pencegahan dari Lingkungan

Pencegahan terjangkit demam berdarah dapat dilakukan dengan menjaga kebersihan lingkungan dengan menguras bak mandi atau tempat penampungan air paling tidak seminggu sekali, membuang air yang tergenang dan berpotensi berkembang biaknya nyamuk seperti pada kaleng bekas dan lain sebagainya, menutup tempat penampungan air, dan beberapa hal lainnya. Meski nampak sederhana dan paling mudah dilakukan, namun sampai saat ini banyak orang yang belum melakukannya.

2. Pencegahan dengan Kimiawi

Hal ini juga dapat dilakukan dengan  melakukan pengasapan dan pemberian bubuk abate pada tempat penampungan air. Pengasapan berfungsi untuk membunuh nyamuk dewasa, sedangkan bubuk abate akan membunuh jentik nyamuk. Untuk pencegahan dari tubuh manusia adalah dengan lotion anti nyamuk.

3. Pencegahan secara Biologis

Demam berdarah dapat dicegah dengan cara biologis yaitu dengan mengontrol menggunakan ikan ikan  pemakan jentik dan bakteri.

Dan setelah mengetahui Apa Penyebab Demam Berdarah dan juga cara pencegahannya, anda perlu mengetahui gejala-gejala demam berdarah. Gejalanya adalah :

1. Tampak bintik-bintik merah pada kulit. Untuk mengetahui apakah benar gejala demam berdarah atau bukan cek dengan cara merenggangkan bintik tersebut dengan jari anda. Gejala demam berdarah bintik merahnya tidak hilang.
2. Badan panas tinggi selama 2-7 hari, tampak lemah dan lesu, suhu badan antara 38 derajat celcius sampai 40 derajat celcius dan bisa jadi lebih tinggi.

3. Kemungkinan akan terjadi muntah darah atau berak dengan disertai darah.
4. Kadang terjadi pendarahan di hidung.

Demikianlah ulasan kami mengenai Apa Penyebab Demam Berdarah. Oleh karena itu jagalah kebersihan lingkungan agar nyamuk tidak semakin berkembang biak. Semoga bermanfaat

Berlangganan untuk email update gratis: