5 Penyebab dan Cara Mengatasi Sakit Di Bagian Ulu Hati

Anda mungkin kerap mengalami gejala sakit di bagian ulu hati, tepatnya di bagian bawah dada dan di atas pusar. Rasa nyeri dan sakit di ulu hati sering dikaitkan dengan gejala sakit maag, namun nyatanya tidak semua sakit di bagian ini bisa kita simpulkan sebagai gejala sakit maag.
Pasalnya di bagian bawah dada tersebut tak hanya terdapat organ hati dan lambung saja, ada beberapa organ lain seperti pankreas, usu 12 jari, lambung, bagian atas ujung hati, otot, peritoneum dan faia. Jadi bisa dikatakan keluhan yang terjadi di bagian ulu hati bisa disebabkan karena adanya masalah pada organ-organ yang terdapat di area tersebut.

Sakit di Bagian Ulu Hati

Daerah ulu hati atau yang disebut epigastrium ini memang kerap mengalami rasa nyeri terutama jika anda menderita kelainan lambung. Gejala yang sering dirasakan di bagian ulu hati bisa beragam, seperti mual, perut kembung dan kram. Bahkan pada sebagian orang, ada yang sampai muntah, berat badan megalami penurunan hingga rasa sakit menjalar ke bagian atas punggung.
Ada beberapa kemungkinan anda mengalami gejala-gejala penyakit lain selain sakit maag saat mengalami sakit di bagian ulu hati tersebut. Sebaiknya pastikan kondisi anda sebelum anda melakukan pengobatan terhadap rasa nyeri dan sakit di bagian ulu hati yang kerap anda rasakan, pasalnya dengan melakukan pemeriksaan, proses penanganan dan pengobatannya juga menjadi lebih tepat. Di area ulu hati seperti yang sudah kita jelaskan di atas, banyak terdapat organ-organ vital yang kerap mengalami masalah. Adapun kemungkinan gejala penyakit yang anda derita ketika mengalami rasa sakit di bagian ulu hati sebagai berikut.

1. Terjadi Iritasi Pada Usus

Gejala yang kemungkinan anda derita ketika mengalami sakit di bagian ulu hati adalah iritasi usus, dimana ketika usus anda mengalami iritasi rasa kram, perut kembung serta perbuahan frekuensi buang air besar akan anda alami. Hal itu karena adanya pergerakan yang kuat ketika usus yang sejatinya dilapisi otot membawa makanan dari perut menuju saluran anus. Pergerakan yang kuat dan tiba-tiba tersebut juga akan mengakibatkan rasa sakit di bagian ulu hati anda.
Wanita dan mereka yang berusia 45 tahun cenderung lebih mudah mengalami masalah iritasi usus ini, selain itu, faktor genetik serta gangguan mental juga menjadi penyebab terjadinya masalah iritasi pada usus.

2. Luka di Bagian Dinding Lambung

Ketika dinding lambung atau area usus kecil anda mengalami luka, hal itu juga akan mengakibatkan rasa nyeri dan sakit di bagian ulu hati. Zat asam yang terdapat pada saluran pencernaan masuk kedalam permukaan lambung, zat asam tersebut dapat mengakibatkan luka di bagian dinding lambung anda bahkan dapat membuat luka tersebut berdarah.
Infeksi akibat bakteri serta efek samping obat-obatan dapat menjadi penyebabnya, selain itu luka dinding lambung juga dapat disebabkan oleh makanan yang terlalu pedas serta ketika anda mengalami stres. Rasa nyeri akibat luka ini dapat menjalar ke bagian pusar hingga rongga dada, dan bahkan rasa nyeri akan semakin parah ketika perut dalam keadaan kosong terutama di malam hari. Pada kondisi yang sudah cukup parah, muntah darah, perubahan selera makan serta penurunan berat badan akan anda alami jika mengalami luka di bagian lambung.

3. Peradangan Pankreas

Pankreas juga salah satu organ yang terdapat di bagian ulu hati, jadi kemungkinan mengalami masalah organ pankreas juga bisa mengakibatkan sakit di bagian ulu hati anda. Pankreas sejatinya adalah organ yang menghasilkan enzim yang berfungsi sebagai zat untuk membantu proses pencernaan serta hormon untuk mengatur tubuh saat memproses gula dalam darah.
Rasa sakit akibat kelainan organ pankreas anda tidak hanya terjadi di bagian ulu hati saja, melainkan dapat menjalar ke bagian punggung serta diringi dengan muntah dan perut akan terasa sangat kaku. Peradang pankreas yang sudah cukup parah dapat mengakibatkan penurunan berat badan serta kesulitan saat buang air besar.

4. Kantong Empedu Mengalami Masalah

Organ lain yang terdapat di bagian ulu hati adalah kantong empedu, organ ini berada tepat dibawah hati dan berfungsi menyimpan cairan untuk membantu tubuh mencerna lemak.
ketika kantong empedu tersebut mengalami masalah, rasa sakit di bagian perut terutama bagian ulu hati akan anda rasakan, rasa nyeri tersebut disertai dengan demam, mual, muntah, tubuh gemetaran serta rongga dada juga terasa sangat sakit.

5. Kanker Lambung

Gejala selanjutnya yang kemungkinan terjadi saat nyeri ulu hati adalah kanker lambung, sel kanker ganas yang terbentuk di organ lambung juga mengakibatkan rasa sakit yang luar biasa di bagian ulu hati anda. Biasanya yang berisiko tinggi mengalami kanker lambung adalah pria perokok dan berusia 50 tahun ke atas, selain itu konsumsi garam terlalu banyak serta faktor genetik juga menjadi salah satu penyebabnya.
Akibat kanker lambung, anda juga akan mengalami mual dan muntah serta rasa nyeri yang terkadang tak tertahankan. dan pada sebagian orang akibat kanker ini berat tubuh juga akan mengalami penurunan yang drastis.
Jadi selain sakit maag, kemungkinan gejala penyakit lain yang akan anda alami saat kerap merasa nyeri dan sakit di bagian ulu hati adalah beberapa penyakit yang telah disebutkan di atas. Lalu bagaimana cara mengatasi rasa nyeri tersebut? Karena terkadang rasa nyeri nya bisa sangat tak tertahankan. Untuk mengatasi sakit di bagian ulu hati, anda bisa melakukan beberapa penanganan awal untuk mencegah dan mengurangi rasa nyeri nya.

Dan berikut cara mengatasi Sakit di bagian ulu hati :


1. Konsumsi makanan yang ringan dan hindari mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung alkohol. karena minuman tersebut hanya akan mengakibatkan rasa nyeri semakin parah dan perut akan mengalami iritasi.

2. Cara selanjutnya yang harus anda lakukan adalah dengan mengonsumsi obat antasida, obat ini dapat membantu menetralkan asal lambung, serta mengurangi rasa nyeri dan sakit di bagian ulu hati. Sebaiknya konsumsi obat ini 1 jam setelah makan sebanyak 2 sendok atau satu tablet. dan sebaiknya gunakan antasida jenis cair, karena obat cair bisa lebih maksimal hasilnya.

3. Anda juga bisa mengonsumsi obat anti-inflamasi non steroid, obat ini dapat membantu mengurangi rasa nyeri dan sakit, serta mengatasi peradangan. Namun jika anda mengalami gangguan lambung sebaiknya jangan mengonsumsi obat ini, karena obat ini akan memperparah kondisi lambung anda.

Baca juga : Cara Mudah Menghilangkan Gatal pada Selangkangan

Sakit ulu hati memang tidak akan mengakibatkan kematian, namun meskipun demikian sebaiknya agar segera melakukan penanganan dan pencegahan. Hal itu bertujuan agar rasa sakit di bagian ulu hati tidak semakin parah, karena jika rasa sakit sudah semakin kuat dan tertahankan maka bisa jadi anda menderita penyakit organ di bagian ulu hati yang sudah dalam kondisi parah. Sebaiknya jika sudah dalam kondisi seperti ini, lakukan pemeriksaan pada dokter atau ahli masalah penyakit ini.

Berlangganan untuk email update gratis: