Kenapa Saat Berlari Perut Terasa Sakit

Kenapa Saat Berlari Perut Terasa Sakit
Kenapa Saat Berlari Perut Terasa Sakit. Ketika hendak berlari atau di tengah perjalanan anda mengalami sakit perut seakan perut anda terjadi kram berarti ada yang salah dari otot perut anda. padahal katanya olahraga berlari bisa menyehatkan dan menyegarkan atau bisa juga mencapai kesehatan yang prima. Sangat tidak menyenangkan bukan, saat sedang berlari tapi terhambat dengan sara nyeri. Sebenarnya faktor yang salah bukan berarti dari aktifitas olahraganya, namun dari aktifitas sebelum melakukan olahraga berlari. Apa sajakah penyebab dari aktifitas itu, mari kita simak penuturannya.  


Perut Sakit Saat Berlari

Masalah pertama yang membuat perut terasa sakit saat berlari adalah pola makan. Ini dikarenakan setelah makan langsung berlari tanpa ada jeda yang lama untuk perut memproses makanan. Ahasil sudah pasti perut terasa perih. Sebaiknya beri waktu sistem pencernaan mencerna makanan yang masuk ke dalam perut, tetapi justru malah tubuh terlanjur mendapat tekanan berat lewat berlari. Untuk menghindarinya, makanlah 2 jam sebelum berlari.

Kedua, rasa sakit pada perut saat berlari juga dikarenakan adanya kekurangan oksigen. Bagian perut kekuragan pasokan udara, karena nafas yang berat secara berkala selama berlari. Bisa juga karena organ dalam di bagian perut merasa kaget karena aktifitas berlari yang tiba-tiba. Cara mengatasinya adalah anda perlu belajar teknik pernafasan yang benar saat berlari.

Ketiga, rasa sakit dan nyeri bisa pula terjadi akibat hilangnya air dalam tubuh atau dehidrasi. Ini adalah sesuatu yang tidak bisa dihindarkan karena tubuh berkeringat deras selama berlari. Jadi sebaiknya perbanyak minum air putih sebelum berlari. Berikan waktu jeda 30 menit sebelum berlari guna menghindari sakit perut karena minuman.

Perlu diketahui nyeri ini biasanya dirasakan tepat dibawah tulang rusuk. Pada kasus ini, nyeri dapat mereda ketika seseorang menurunkan intensitas olahraganya. Penelitian terdahulu menyebutkan bahwa nyeri perut muncul akibat berkurangnya aliran darah ke diafragma dikarenakan darah banyak tersalurkan ke otot-otot kaki untuk berlari atau berolahraga. Selain itu, adanya over stretch atau peregangan yang berlebihan pada ligament antara organ dalam dengan diafragma akibat gerakan menyentak saat berlari. 

Untuk menghindari masalah kenapa saat berlari perut terasa sakit, seseorang harus memastikan minum cukup air sebelum dan selama aktifitas berlari. Jika dirasa lapar saat berlari makanlah makanan yang ringan, jangan makanan yang mengandung karbohidrat berlebih. Karena tubuh juga bisa mengalami kekagetan, maka intinya tidak lupa melakukan pemanasan sebelum memulai latihan berat. Anda tidak mau kan trend hidup sehat dari berlari menjadi terganggu. Jika sakitnya berkepanjangan coba kurangi intensitas olahraga, sambil menekan perlahan area yang sakit dan membungkuk dibarengi mengambil lakukan penafasan ringan. Jika berlanjut hubungi dokter yang terdekat. Baca juga Cara menghilangkan panu.

Berlangganan untuk email update gratis: