Bahaya Tidur Dengan Lampu Menyala

Bahaya Tidur Dengan Lampu Menyala
Bahaya Tidur Dengan Lampu Menyala. Tidur adalah aktifitas mengistirahatkan tubuh dari seharian beraktifitas. Ini merupakan kebutuhan penting yang harus dijalani, sebab jika tiak dikerjakan akan memberi efek negatif pada tubuh anda. lalu bagaimana kualitas tidur anda? ada yang mengatakan kualitas tidur dapat dirasakan dari tidur dengan kondisi lampu yang dimatikan. 

Namun ada beberapa orang yang masih memilih tidur dengan lampu menyala. Mereka beralasan jika gelap tidak bisa bernafas atau takut karena gelap, ini merujuk pada sebuah traumatik yang dirasakan dari seseorang. Padahal setelah diamati oleh beberapa peneliti bahwa tidur dengan lampu menyala memiliki efek buruk bagi kesehatan. Apakah benar begitu? Lalu apa efek bahaya tersebut, mari simak penuturannya. 

Efek yang pertama ditimbulkan yakni depresi. Hal ini terjadi karena penurunan kadar dari hormon melatonin. Studi menunjukkan kebiasaan buruk menyalakan lampu saat tidur akan meningkatkan resiko depresi. Dan hal ini rentan terjadi pada wanita terutama yang memasuki masa menopause. Tidak menutup kemungkinan pria juga terkena dampak ini.

Berdasarkan penelitian seorang ilmuan dari Amerika menyatakan lampu yang dibiarkan menyala saat tidur akan mengurangi hormon melatonin di tubuh anda. lampu bisa mempengaruhi ritme tidur tubuh. Saat orang punya waktu yang cukup dalam kegelapan, ternyata tubuh tidak memproduksi hormon melatonin, hormon yang membuat kita mengantuk. Hormon itu juga bisa mempengaruhi seberapa nyenyak kita tidur dan pukul berapa kita bangun. Dimana sebaiknya organ tubuh kita istirahat tapi karena lampu masih menyala organ tubuh masih merespon sinar yang akhirnya organ tubuh tetap bekerja laaknya di siang hari.

Melatonin juga berguna untuk melawan tumor ganas. Hubungan tidur dalam keadaan gelap dan hormon melatonin ini bisa dihubungkan dengan kanker payudara. Memang belum banyak penelitian tentang hubungan tersebut.  Namun setidaknya penelitian yang ada bisa menguatkan hipotesis yang menyatakan lampu bisa merusak ritme tidur dan meningkatkan resiko kanker.

Dalam penelitian ini juga melaporkan penggunaan barang elektronik seperti komputer, laptop, dan telepon genggam bisa mengakibatkan gangguan tidur terutama pada anak dan remaja. Itu karena layar elektronik memancarkan banyak cahaya biru yang dikenal bisa menekan produksi hormon melatonin. Dari hasil penelitian tersebut bisa disimpulkan bahwa tidur dengan lampu menyala memang tidak baik bagi anak. Dari pada menyebabkan gangguan tidur, depresi, kenaikan berat badan, dan resiko kanker lebih baik biasakan anak anda tidur dengan lampu dimatikan. 

Selain itu, bahaya tidur dengan lampu menyala juga mengundang banyak gangguan kesehatan seperti peningkatan plak di otak, tekanan darah tidak stabil, lebih rentan osteoporosis dan berbagai gangguan lain. Jadi biasakan dan mulai dari sekarang mematikan lampu ketika tidur. Baca juga Cara cepat hamil setelah keguguran.

Berlangganan untuk email update gratis: