Penyebab Gusi Bengkak

Penyebab Gusi Bengkak
Penyebab Gusi Bengkak. Gusi bengkak adalah salah satu penyakit yang dialami di bagian mulut. Penyababnya tidak lain karena kurangnya kebersihan bagian mulut. Rasa sakitnya semacam sakit gigi yang bisa membuat kepala seakan berdenyut. Kemudian berdampak pada kurangnya nafsu makan, dan tentunya mengganggu aktifitas.  

Gusi memang tidak kalah penting dari organ mulut lainnya seperti lidah dan gigi. Bahkan jika tidak ada gusi gigi akan tertanam dimana? Gusi yang menopang tumbuhnya gigi dalam mulut. Gusi membengkak kadang meberi efek menonjol, seperti benjolan yang bernanah, belum lagi warna yang ditimbulkan dari gusi bengkak adalah merah, ini tidak lain karena efek infeksi yang terjadi. Penyebabnya bisa karena menyikat gigi terlalu keras dan kasar. Tidak hanya itu masih ada beberapa penyebab gusi bengkak yang akan diulas sebagai berikut.


Penyebab Gusi Bengkak

Kebersihan Mulut
Ini merupakan faktor utama penyebab terjadinya gusi bengkak, karena tidak teratur dalam membersihkan gigi yang membuat timbulnya plak yang makin lama akan menumpuk. Sering menyikat gigi juga tidak baik karena akan mengikis enzim pada gigi. Sebaiknya sikat gigi  2 kali sehari, ini dirasa efektif dalam menjaga kebersihan gusi. 

Pemasangan Kawat Gigi
Kawat gigi yang dipasang terlalu rapat dan kencang juga menjadi faktor penyebab gusi bengkak. Karena kawat gigi menempel dengan gusi dan menyebabkan iritasi, yang lama kelamaan akan membuat gusi menjadi infeksi dan terjadi peradangan.

Masa Kehamilan
Perubahan hormonal saat hamil meningkatkan aliran darah pada gusi, hal ini membuat gusi menjadi rentan terkena iritasi. Ditambah lagi adanya penurunan sistem kekebalan tubuh pada saat hamil membuat bakteri sangat gampang berkembang biak dan menyebar. Jadi membersihkan gigi sebelum tidur harus dijadikan kebiasaan yang cocok untuk dijadikan rutinitas dari kecil.

Gingivitis
Penyakit infeksi gusi ini dapa membuat kehilangan gigi, hal ini terjadi karena kebersihan mulut yang tidak dijaga hingga kian lama menjadi parah. Plak yang ada diperbatasan gusi dan gigi adalah faktor utama terjadinya gingivitis, hingga akhirnya gigi yang berada di atas plak menjadi copot. Gingivitis adalah penyakit gusi yang harus sejak dini diobati karena plak yang menempel bila dibiarkan lama akan menjadi karang gigi yang susah dibersihkan bila hanya dengan menyikat gigi saja.

Kekurangan Nutrisi
Kekurangan vitamin B dan C salah satu penyebab gusi bengkak. Vitamin C berperan memperbaiki gusi dan gigi. Bila asupan vitamin kurang, ada kemungkinan terjangkit penyakit scurvy atau penyakit gusi. Bila tidak mengkonsumsi vitamin C dalam bentuk kapsul, bisa didapat dari konsumsi makanan dengan kandungan vitamin yang banyak, seperti buah-buahan.

Demikian ulasan mengenai penyebab gusi bengkak. Hindari makanan yang terlalu panas atau dingin, baca juga Penyebab wajah tampak tua.

Berlangganan untuk email update gratis: