Penyakit Akibat Sering Begadang

Penyakit Akibat Sering Begadang
Penyakit Akibat Sering Begadang. Sebagai mahasiswa atau pekerja yang mengalami shift malam pasti pernah merasakan begadang. Diperparah lagi bahwa aktifitas begadang dijadikan sebagai pola hidup dan kewajiban. Ini tentulah akan mengganggu sistem produksi tubuh. Atau bahkan merujuk pada kondisi yang kronis bisa merusak organ-organ inti dari tubuh. 

Seyogyanya tubuh kita diciptakan untuk beraktifitas di pagi hari dan beristirahat di malam hari. Seperti robot saja jika digunakan tanpa henti batrainya mungkin akan cepat habis, begitu pun dengan tubuh kita. Maka dari itu apa sajakah penyakit yang ditimbulkan dari begadang, mari simak pemaparannya.


Penyakit Sering Begadang

  1. Sakit Kepala
    Karena kurang tidur dan tidak ada istirahat bagi mata, maka efeknya muncul pada kepala yang terasa nyeri. Ditambah lagi karena begadang membuat energi menjadi terkuras, akibatnya di siang hari tubuh akan merasa lemas dan kurang besemangat.
      
  2. Melemahkan Sistem Syaraf
    Kurang jam istirahat setiap harinya dapat menggangu sistem syaraf. Sehingga dapat mengakibatkan syaraf melemah dan efek samping yang berkepanjangan bisa mengancam nyawa atau mengakibatkan kematian.
      
  3. Mengidap Insomnia
    Kesulitan untuk tidur dinamakan insomnia. Hal ini teerjadi karena tubuh akan menyesuaikan diri sehingga sudah menjadi terbiasa dengan jam tidur larut malam. Dan ini bisa mengganggu jam biologis tubuh normalnya pada manusia. 
      
  4. Stroke dan Jantung
    Kebiasaan tidur terlambat akan rentan terhadap penyakit jantung. Kebanyakan orang tetap terjaga di pagi hari meski tidur larut malam. Hal ini membuat mereka memiliki sedikit waktu untuk tidur. Karena itulah dapat memberikan tekanan pada jantung dan menyebabkan stroke.
      
  5. Diabetes
    Tidur larut malam akan menganggu keseimbangan hormon dalam tubuh. Ini bisa memicu intoleransi glukosa yang berkaitan dengan produksi insulin dalam tubuh. Jika hal ini diteruskan, bukan tidak mungkin orang yang suka tidur larut malam akan lebih rentan terkena diabetes.
      
  6. Tekanan Darah Tinggi
    Orang yang kurang jam tidur biasanya memiliki tingkat stres yang tinggi. Hal ini karena fisik dan pikiran mereka tak dapat mendapat cukup waktu untuk beristirahat. Jika berkepanjangan akan cenderung memicu hipertensi yang tinggi.
      
  7. Obesitas
    Kurang tidur dari enam jam semalam akan mengganggu metabolisme dalam tubuh. Akibatnya tubuh akan menyimpang lemak lebih cepat dan membuat orang lebih gemuk. Meski melakukan diet, itu tidak akan berpengaruh malah menambah berat badan lebih cepat karena sering tidur larut malam.
      
  8. Kurang Konsetrasi
    Siklus tidur pada malam hari berperan menguatkan memori. Jika sering begadang akan lebih susah mengingat. 
Itulah beberapa penyakit akibat sering begadang. Jika begadang memang sebuah kewajiban yang tidak bisa ditinggalkan sebaiknya imbangi dengan kebiasan yang lebih sehat, seperti olahraga dan mengatur nutrisi. Jika tidak ada keperluan mendesak sebaiknya mulai istirahatkan tubuh selama 8 jam di malam hari. Baca juga Cara cepat memanjangkan kuku.

Berlangganan untuk email update gratis: