Makanan Untuk Mencerdaskan Anak

Makanan Untuk Mencerdaskan Anak
Makanan Untuk Mencerdaskan Anak. Orang tua mana yang tak ingin memiliki anak yang cerdas dan juga pintar, walaupun kemampuan setiap anak berbeda, namun harapan terbesar setiap orang pasti memiliki anak yang cerdas, pintar, lucu dan dapat membahagiakan orang tuanya. Faktor kecerdasan anak dilandasi dari berbagai hal, mulai dari perhatian orang tua, lingkungan, juga asupan gizi yang tidak tepat.

Asupan gizi yang tidak tercukupi akan menjadi faktor utama dalam peningkatan kecerdasan sang buah hati, dalam masa keemasan atau lebih sering kita dengar dengan sebutan ‘golden age’ adalah masa perkembangan dan masa pertumbuhan yang maksimal saat anak usia 0-5 tahun. Gizi yang tepat akan sangat mempengaruhi perkembangan anak, pola makan yang baik akan menjadikan kecerdasan anak menjadi maksimal. Berikut beberapa makanan yang tepat gizi untuk mencerdaskan anak.


Makanan Mencerdaskan Anak

Sayuran
Sayuran untuk sang buah hati pada masa golden age di anjurkan untuk mengkonsumsi sayuran yang berwarna, karena akan sangat baik dalam menguatkan daya sel otak anak. Sayuran yang berwarna seperti bayam, tomat, dan wortel adalah jenis sayuran yang juga memiliki antioksidan yang baik. Pilihlah cara memasak dan penyajian yang menarik agar anak menyukai sayuran dari sedini mungkin.

Buah – buahan
Persis seperti mengkonsumsi sayuran, buah-buahan untuk anak dimasa emas dalam pertumbuhannya diusahakan untuk memilih buah segar yang berwarna cerah. Kandungan dari warna buah yang cerah dapat memicu perkembangan kreatifitas anak. Beberapa buah yang berwarna ceria untuk sikecil seperti strawberry, blueberry dan yang lainnya.

Ikan
Mungkin bukan hanya anak kecil atau balita saja yang tidak suka dengan ikan, seseorang yang sudah dewasa pun banyak yang tidak suka mengkonsumsi ikan karena amis dan duri yang ada di dalamnya. Dari fakta tersebut orang tua harus lebih di edukasi tentang manfaat dari ikan yang mengandung asam lemak DHA juga EPA dan sumber omega 3 yang tinggi akan sangat membantu perkembangan otak anak dengat sangat baik. Ikan salmon adalah pilihan terbaik untuk dikonsumsi oleh anak dimasa keemasannya.

Telur 
Telur merupakan sumber protein yang sangat baik untuk pertumbuhan anak, dari sumber tersebut telur diyakini akan meningkatkan daya ingat pada anak dengan cara mengkonsumsinya secara teratur. Bagian telur yang paling dibutuhkan anak adalah bagian kuning telur yang terdapat pada isi dari dalam telur tersebut. Kuning telur mengandung banyak kolin yang mana akan membantu meningkatkan kecerdasan si buah hati.

Daging
Daging menjadi salah satu bahan pokok yang tergolong menengah keatas, mengapa? Tentu saja karena bahan makanan yang satu ini tidak ekonomis di kalangan biasa. Tapi untuk kecerdasan si buah hati, kesampingkan urusan lain yang tidak terlalu penting agar dapat memenuhi kebutuhan anak. Sama hal nya dengan telur, daging memiliki khasiat dalam meningkatkan daya ingat agar lebih kuat. Kandungan dalam daging berupa zat besi, mineral dan kandungan protein yang sangat tinggi menjadi bagian terpenting dalam perkembangan otak anak.

Susu
Selain rasa nya yang manis, anak tidak mungkin menolak untuk mengkonsumsi minuman ini. susu segar yang kaya akan vitamin B dan tentunya protein yang tinggi membantu meningkatkan kebutuhan dalam perkembangan otak buah hati anda. Selain itu, daya ingat akan meningkat tajam.

Kacang Kedelai
Jangan salah, walaupun harga tempe dan tahu murah meriah dan dijuluki makanan orang susah menjadi makanan wajib yang harus dikonsumsi oleh anak agar peningkatan kecerdasan meningkat dengan maksimal. Kandungan yang terdapat dalam makanan yang berbahan dasar kedelai adalah vitamin, mineral, serat, karbohidrat dan kandungan protein tinggi. 

Itulah makanan untuk mencerdaskan anak, terkadang tidak semua anak dapat mengkonsumsi makanan yang dianjurkan oleh orang tua nya. Tugas bagi orang tua yang berkewajiban member gizi yang cukup memang sangat berat, terutama ibu yang memiliki andil besar dalam mengolah makanan. Berikan fariasi yang unik agar anak tertarik dan tidak mudah bosan. Baca juga Tips mencegah diabetes.

Berlangganan untuk email update gratis: