Dampak dan Bahaya Makan Gorengan

Dampak dan Bahaya Makan Gorengan
Dampak dan Bahaya Makan Gorengan. Gorengan sejenis makan ringan yang dibuat atau diramu dengan cara menggoreng. Jenis gorengan pun bermacam-macam, ada bakwan, tempe goreng, tahu isi, ubi, cireng (aci digoreng) dan lain lain. Sebenarnya bahan makanan ini sehat, namun terkadang cara penyajiannya saja salah. 

Kebanyakan orang khususnya di Indonesia lebih memilih makanan ringan atau cemilan jenis gorengan yang dijajakkan di pinggir jalan. Katanya memiliki kerenyahan yang enak dibanding buatan sendiri. Siapa yang tahu, sahabat yang setia dikala mengisi aktifitas ini bisa membahayakan tubuh jika sering dikonsumsi dalam jumlah yang banyak dan setiap hari.  

Bahaya pertama dilihat dari cara memasak, karena biasanya makan gorengan berjualan dipinggir jalan sudah pasti terkena debu, belum lagi minyak untuk memasak karena gorengan murah minyak yang digunakan adalah minyak jelantah. Minyak jelantah adalah minyak yang dipakai berkali-kali, jelas ini kualitasnya jauh di bawah minyak baru. Kemudian kertas pembungkusnya dari kertas bekas koran yang terdapat tinta yang bisa menempel pada gorengan dan akan mengakibatkan timbulnya racun. Belum lagi ada oknum penjual yang memberikan plastik untuk menggorengnya, katanya ini bisa memberi kerenyahan pada gorengan, karena masyarakat senang yang renyah-renyah, dan juga gorengan bisa tahan lama.

Miris memang jika melihat proses memasak dan cara menyajikan gorengan, sangat jauh dari kata hygienis. Bagaimana jika tubuh kita menerima makanan yang seperti ini. Jawaban sudah pasti timbulnya penyakit. Dampak penyakit dari mengkonsumsi gorengan antara lain. Bisa terkena radang tenggorokan. Jika gorengan dimakan setiap hari maka tenggorokan bisa mengalami gangguan dan yang paling sederhananya radang tenggorokan. Tanda-tanda yang dirasa adalah panas dan gatal pada tenggorokan. Kemudian yang lebih parah akan menimbulkan penyakit kanker. Zat karsinogen yang ada pada gorengan bisa memicu kanker akrilamida. Kanker ini dihasilkan dari proses menggoreng yang tidak sehat. Ketika zat ini lama kelamaan akan menumpuk dan menjadi sebuah kanker yang akan tumbuh dan membesar, maka ini benar-benar akan menganggu kesehatan dan usia anda. Dampak yang terakhir adanya gangguan percernaan yang terjadi karena makanan berlemak yang sangat asam dan berat pada perut. Meski tergolong bukan masalah kesehatan yang serius, namun jika dibiarkan dan disepelekan akan berdampak parah bagi tubuh.

Akhirnya, bagi anda yang menggemari makanan gorengan ini, tentunya menjadi tahu apa dampak dan bahaya makan gorengan. Lemak yang terkandung adalah lemak jenuh yang sulit dicerna tubuh. Dengan begitu mulai sekarang harus lebih waspada dan mengurangi dari seringnya memakan makanan gorengan setiap hari apa lagi yang di pinggir jalan. Sepertinya hal ini bukanlah kebiasaan yang baik dan menyehatkan bagi tubuh anda. Baca juga Manfaat dari timun untuk kesehatan.

Berlangganan untuk email update gratis: