Cara Membersihkan Telinga yang Benar

Cara Membersihkan Telinga yang Benar
Cara Membersihkan Telinga yang Benar. Salah satu organ panca indera yang paling sensitif adalah telinga. Karena memiliki fungsi sebagai alat pendengaran, jika telinga bermasalah pastinya dunia akan sunyi tak bisa mendengar berbagai suara di alam ini. Terkadang masalah pendengaran terletak pada kotoran yang ada di dalam telinga yang sulit untuk dibersihkan. Sebabnya bisa terjadi karena penumpukan kotoran sehingga menjadi kering atau cara memberiskan telinga yang tata caranya tidak benar.

Lalu bagaimana cara membersihkan telinga dengan benar. mungkin bisa saja malakukan perawatan ke dokter THT untuk menghindari resiko infeksi telinga. Tapi bagi sebagian orang ke dokter THT akan membutuhkan waktu dan biaya yang tidak memungkinkan. Oleh karena itu maka kita harus perhatikan tata cara membersihkan telinga dengan benar. Contohnya tidak mengorek telinga terlalu dalam atau mengorek telinga sambil memutar, ini memungkinkan.
  

Cara Membersihkan Telinga

  1. Memasukan Tetesan Air ke Dalam Telinga
    Cara ini dirasa efektif tanpa harus memasukan benda keras yang dapat melukai bagian dalam telinga. Namun saat meneteskan air ke telinga sedikit demi sedikit miringkan juga telinga agar kotoran telinga dan air bisa keluar. Perlu diketahui air yang dipakai adalah air hangat, karena jika terlalu dingin atau panas akan menimbulkan sakit pada kepala.
      
  2. Menggunakan Baby Oil
    Caranya sediakan baby oil dan kain yang halus. Teteskan baby oil ke permukaan kain, lalu bersihkan bersihkan kotoran yang ada di daun telinga. Selain dapat membersihkan telinga bagian luar baby oil juga dapat digunakan sebagai obat tetes telinga. Caranya teteskan sebelum tidur dan bersihkan saat bangun.
      
  3. Earwax Removal
    Ketika anda merasa kotoran dalam telinga sudah mengeras karena lupa sudah lama tidak dibersihkan, maka gunakan earwax removal sebagai solusi terbaik. Karena alat ini berkerja menghisap kotoran telinga. Namun yang harus diperhatikan hati-hati menggunakannya, jika tidak hati-hati akan merusak telinga anda.
      
  4. Menggunakan Cutton Buds/Kapas/Cutton Buds Kail
    Harus diketahui bahwasannya penggunaan cutton buds atau kapas hanya untuk membersihkan bagian luar dan lipatan pada telinga. Namun yang berbeda adanya penggunaan cutton buds kail ini bisa digunakan untuk membersihkan bagian dalam. Namunsekali lagi harus hati-hati, karena ujung kail biasanya terbat dari logam sehingga bisa berbaya dan menyebabkan infeksi saat tergores.
Untuk membersihkan telinga dianjurkan tidak terlalu sering, karena akan menyebabkan kelenjar minyak yang ada di dalam telinga mengeluarkan minyak terlalu banyak. Kemudian tidak juga dianjurkan membersihkan telinga dengan cara ear candle, karena menurut American Academy of Audiology, ini akan membuat gendang telinga berlubang dan infeksi. Begitulah alat-alat yang bisa digunakan dalam tata cara membersihkan telinga yang benar. Baca juga Manfaat tomat untuk kesehatan tubuh.

Berlangganan untuk email update gratis: