Penyebab Badan Yang Sering Panas

Penyebab Badan Yang Sering Panas
Penyebab Badan Yang Sering Panas. Panas merupakan salah satu reaksi tubuh untuk melawan infeksi dalam tubuh. Tapi ada juga sumber yang menyebutkan bahwa panas menjadi bentuk respon dalam rangka mengoptimalkan metabolisme pada tubuh seseorang. Terlepas dari itu semua, patut anda ketahui bahwa Penyebab Badan Panas bukan berarti suatu penyakit namun lebih mengarah pada indikasi atau gejala yang memungkinan seseorang mulai terkena penyakit. Pada kondisi tertentu, tubuh biasanya akan mampu mengontrol suhunya baik dalam cuaca panas maupun dingin lewat keringat, menggigil, bernafas dan gemetar. 

Pada dasarnya, suhu manusia secara umum berada diambang konstan 36,5-37,5 derajat celcius. Seperti ketika anda tidur dimalam hari, pasti suhu tubuh akan menunjukkan posisi paling rendah, berbeda halnya ketika beraktivitas di luar rumah. Selain itu, pengukuran suhu yang diambil pada kondisi – kondisi tertentu juga akan mengalami perbedaan hasil, jadi anda tak perlu khawatir mengenai hal tersebut. Maka dari itu, jangan terlalu berlebihan mengartikan suhu tinggi terhadap serangan penyakit  tertentu.

Kembali lagi pada inti pembahasan utama, Penyebab Badan Yang Sering Panas bisa dikaitkan pula terhadap perilaku atau faktor lingkungan sehari – hari misalnya suhu pada daerah yang ada tempat memang dingin atau panas, pemakaian alkohol, olahraga berat dan melakukanya dalam waktu lama, memakai pakaian bertumpuk – tumpuk, kelainan fungsi kelenjar keringat serta konsumsi obat – obatan (misalnya diuretic, antikolinergik dan fenotiazin). 

Adapun beberapa resiko kelainan panas lainya bisa pertanda bahwa penderita memerlukan pertolongan sesegera mungkin demi menurunkan kenaikan suhu yang drastis. Diantaranya yaitu kelebihan hormone tiroid, adanya gejala dehidrasi berlebih (kehilangan cairan tubuh) dan fakto gangguan jantung serta pembuluh darah. Dengan lebih dahulu mengetahui faktor – faktor tersebut setidaknya anda sudah tahu kenapa badan anda bisa panas secara langsung maupun tidak langsung. Nah, demi mendukung faktor diatas, ada baiknya anda juga mengetahui secara pasti beberapa tingkatan panas. Silahkan baca selengkapnya dibawah ini.
  

Tingkatan Badan Yang Panas

Heat Cramps
Adalah kram karena badan panas yang disebabkan oleh kejangnya otot hebat akibat dari keluarnya keringat secara berlebihan.  Dimana hal ini sering terjadi ketika anda melakukan aktivitas fisik saat cuaca panas. Heat  Cramps terjadi begitu saja dengan hilangnya banyak cairan dan garam (magnesium, kalium, natrium) dari dalam tubuh dan biasanya akan kembali pulih setelah anda mencukupi kebutuhan minum lebih banyak ataupun memakan – makanan yang banyak mengandung natrium. 

Heat Exhaustion
Adalah keadaan panas tinggi akibat dari terpaparnya tubuh di bawah terik matahari selama berjam – jama. Inilah yang kemudian menyebabkan tubuh anda kehilangan banyak cairan dan terus menerus mengeluarkan keringat dan anda mulai meras lelah, tekanan darah rendah bahkan jika tidak mendapat pertolongan terkadang berakhir dengan pingsan. 

Heat Stroke
Adalah suatu keadaan yang dapat berakibat fatal yang terjadi akibat terpapar panas matahari secara langsung dan waktunya lebih lama daripada Heat Exhaustion dan kemudian penderita tidak dapat mengeluarkan keringat demi menurunkan suhu tubuhnya. Faktor terburuknya bisa mengarah pada gangguan organ utama yaitu jantung serta paru – paru.

Itulah informasi penting terkait Penyebab Badan Yang Sering Panas. Nah, untuk mengatasi bilamana anda maupun orang disekitar anda mengalami panas cukup tinggi, salah satu caranya adalah memberikan banyak air minum dan basahi kulitnya dengan air dingin. Selain itu anda juga bisa menempatkannya pada area teduh dan segeralah melakukan kompres dingin. Kalau diperlukan, anda dapat membawanya ke klinik atau dokter umum terdekat agar mendapatkan pertolongan lebih baik. Semoga bermanfaat dan berguna bagi anda para pembaca, terima kasih. Baca juga Penyebab dan Mengatasi Sakit Pinggang.

Berlangganan untuk email update gratis: