Penyebab dan Cara Mengatasi Sakit Pinggang

Penyebab dan Cara Mengatasi Sakit Pinggang
Penyebab dan Cara Mengatasi Sakit Pinggang. Pasti anda sudah tidak asing lagi dengan yang namanya sakit pinggang Menurut beberapa ahli kesehatan bahwa hal tersebut berkaitan erat dengan fungsi tulang belakang yang terdiri dari beberapa ruas. Diantara tujuanya yakni membentuk kesatuan fungsi sehingga anda bisa melakukan gerakan jongkok, duduk, membungkuk, memutar dan miring. 

Sedangkan di sela – sela bagian unit fungsional tulang belakang, terdapat pula area persyarafan yang bisa memberikan rangsangan nyeri apabila terjadi tarikan robekan maupun tekanan. Jadi, inilah proses paling awal dimulainya gejala nyeri pinggang. Adapun untuk Penyebab Dan Cara Mengatasi Sakit Pinggang bisa melalui beberapa macam metode namun sebelum mengetehui secara terperinci, ada baiknya anda lebih dulu mengenal penyebab terjadinya nyeri pinggang.

Penyebabnya Sakit Pinggang

  1. Tidur memakai alas yang terlalu lentur sehingga membuat tulang belakang anda harus mengikuti lenturan tersebut sampai akhirnya nyeri pinggang pun tak terelakkan.
  2. Terdapat gangguan mekanik struktur kesatuan unit fungsional tulang belakang.
  3. Pemakaian sepatu hak tinggi. Ini biasanya dilakukan oleh para wanita yang pada dasarnya sepatu tersebut semakin lama akan semakin mempengaruhi lengkungan tulang belakang untuk maju kedepan sehingga timbullah gejala sakit pinggang.
  4. Kurangnya olahraga bisa berefek terhadapa kekauan sendi – sendi tulang belakang dan membuat otot mudah cidera disaat melakukan gerakan sederhana (membungkuk, mendorong, mengangkat).

Oleh karenanya sangat penting mempelajari Penyebab Dan Cara Mengatasi Sakit Pinggang agar jika suatu saat hal ini terjadi pada anda, maka secara otomatis anda pun dapat mencegahnya minimal tidak membiarkanya dalam waktu yang lama. Terkait jenis penyakit, ada referensi yang mengatakan bahwa sakit pinggang bisa saja timbul akibat gangguan ginjal, penyakit tulang, gangguan metabolik dan kanker. Terlepas dari itu semua, jika anda ingin mengurangi rasa nyeri pada pinggang maka perhatikan langkah – langkah dibawah sebagai solusi tepat. 


Cara Mengatasi Sakit Pinggang

Temulawak
Temulawak merupakan salah satu jenis tanaman yang memiliki banyak khasiat, salah satunya untuk mengurangi rasa nyeri di pinggang. Caranya, siapkan 30 gram temu lawak segar, 30 gram daun dewa segara dan 25 gram daun hia (daun china segar). Lalu rebus ke dalam 500 ml air sampai tersisa 200 ml. Kemudian saring airnya dan minum selagi masih hangat. Anda bisa mengkonsumsinya 1-2 kali sehari  secara teratur

Moxa
Moxa juga memiliki manfaat untuk menghilangkan rasa sakit di pinggang. Caranya bakar moxa hingga panas, lalu dekatkan pada area pinggagn yang terasa sakit selang waktu 10-15 menit. Sebaiknya beri jarak 2-3 cm dan jangan terlalu dekat.  Lakukan secara teratur.

Jahe Merah
Caranya, rebus 25 gram jahe merah, 30 gram akar sawi langit dan 25 gram temu hitam segara ke dalam 600 ml air. Tunggu sampai mendidih hingga airnya tersisa 300 ml saja. Selanutnya, saring airnya untuk diminum saat hangat. Konsumsilah secara teratur 1-2 kali sehari sampai beberapa hari kedepan. 

Cabe Rawit
Ternyata, cabe rawit juga mengandung zat penting untuk mengurangi rasa nyeri pada pinggang. Caranya pun cukup mudah yaitu ambil cabe rawit secukupnya, campurkan dengan irisan jahe dan rendam ke dalam alkohol (75%) selama 14 hari. Setelah itu, anda bisa memakai air rendaman tersebut untuk dioleskan pada bagian pinggang yang terasa sakit. 

Bagaimana, gampang bukan? Semua metode diatas menggunakan bahan – bahan alami sehingga aman bila diterapkan. Kalo pun sakit pinggan anda sama sekali tidak mengalami perubahan, sebaiknya bawalah ke dokter segera. Semoga informasi Penyebab dan Cara Mengatasi Sakit Pinggang bisa bermanfaat. Baca juga Mengatasi mata gatal dengan mudah.

Berlangganan untuk email update gratis: